Penjumlahan & Pengurangan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama | Matematika Kelas 5 - MI Kalimulyo

Post Top Ad

Penjumlahan & Pengurangan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama | Matematika Kelas 5

Share This
Materi penjumlah dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang tidak sama adalah kelanjutan dari materi pembelajaran matematika kelas 5 sebelumnya, penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut yang sama.

Jika pada materi yang sebelumnya anak-anak belum bisa, silakan buka dan baca dulu artikel Belajar di Rumah berjudul Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama | BDR Kelas 5. Jika sudah kita lanjutkan ke materi berikutnya, penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama.
penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama

Pak Ali Munir, S.Pd.SD telah membuat video pembelajaran matematika terkait penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama. Silakan simak di bawah ini



Dalam video pembelajaran di atas sudah disampaikan oleh Pak Munir, bahwa ketika melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang tidak sama terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan.

Pertama, penyebut harus disamakan dengan menggunakan KPK. Untuk mencari KPK ini bisa dengan menggunakan deret kelipatan bilangan.

Contohnya jika akan menjumlahkan 25 dengan 13 maka penyebut (5 dan 3) harus disamakan dengan KPK (deret kelipatan bilangan). Deret kelipatan dari 5 adalah 5, 10, 15, 20, 25, dan seterusnya. Sedang deret kelipatan dari 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, dan seterusnya. Dari kedua deret tersebut kita temukan KPK dari 5 dan 3 adalah 15.

Angka 15 (KPK dari 5 dan 3) tersebut digunakan sebagai penyebut dalam penjumlahan pecahan  25 ditambah 13 .

Kedua, ubah pembilang dengan prinsip pecahan yang senilai berdasarkan penyebut yang telah ditemukan dari KPK tadi.

Pecahan yang senilai diajarkan sewaktu kelas 4. Kalian bisa melihat dan mempelajarinya kembali melalui artikel Pecahan yang Senilai | Materi BDR Matematika Kelas 4 Semester 1

Ketiga, tambahkan atau kurangkan pembilang (sesuai soal) yang telah dirubah berdasar prinsip pecahan senilai tadi.

TUGAS MATEMATIKA KELAS 5


Untuk anak-anak kelas 5 MI Tarbiyatusy Syubban, agar lebih memahami tentang materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut beda ini, silakan kerjakan soal-soal latihan yang terdapat di akhir video pembelajaran di atas.

Silakan catat soalnya dan kerjakan di buku Matematika dengan rapi dan lengkap dengan langkah-langkahnya. Jika sudah, silakan difoto dan kirimkan ke nomor whatsapp Pak Munir.

No comments:

Post a comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad