Font Jawa untuk Menulis Aksara Jawa - MI Kalimulyo

Terampil Qiroah, Tekun Beribadah, Berakhlak Karimah, dan Berprestasi

Post Top Ad

Font Jawa untuk Menulis Aksara Jawa

Share This
Font Jawa untuk menulis aksara atau huruf Jawa sering kali dibutuhkan oleh para guru Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah. Kerap kali dalam menyiapkan materi pembelajaran maupun soal ulangan, utamanya mata pelajaran Bahasa Jawa membutuhkan penulisan kalimat atau kata dalam aksara jawa.

Hal ini memang jamak lantaran dalam pembelajaran Bahasa Jawa, siswa-siswi salah satunya dituntut untuk mampu menulis dan membaca aksara Jawa. Dengan itu Sang Guru mata pelajaran Bahasa Jawa, dalam pembuatan materi pembelajaran maupun soal ulangan harian maupun ulangan tengah semester, tidak bisa tidak, harus menyisipkan jenis aksara ini.

Dan ketika pengerjaan materi atau soal tersebut menggunakan teknologi komputer (microsoft word), tentu akan muncuk kendala selanjutnya. Di mana dalam program microsoft word tidak menyertakanhuruf atau font Jawa. Sehingga terkadang pada bagian-bagian yang membutuhkan aksara tersebut harus dikosongi untuk kemudian ditulis secara manual dengan menggunakan alat tulis. Tentu ini menjadi sebuah pekerjaan yang rumit, tidak efisien, dan tulisan yang dihasilkan pun kurang rapi.


Sebenarnya para guru Bahasa Jawa bisa menuliskan aksara Jawa secara langsung dari komputer. Saat ini telah tersedia jenis font Jawa yang dinamai "hanan". Dengan jenis font ini penulisan aksara Jawa bisa dilakukan langsung di komputer (microsoft word, dll) sehingga tidak perlu ditulis manual dengan tangan.

Untuk mendapatkan dan menginstal jenis font itu cukup gampang.
  1. Download font "hanan" di sini
  2. Setelah didownload, ekstrak dengan menggunakan win-zip, winrar, 7zip atau program sejenisnya.
  3. Buka hasil ekstrak dan copy file "HANAN_.TF"
  4. Paste-kan file tadi ke direktori C:\windows\font
  5. Buka dan jalankan microsoft word
  6. Pilih jenis font "Hanacaraka" dari list font
  7. Mulailah mengetik aksara jawa.
Yang perlu diperhatikan saat mengetik aksara Jawa harus sesuai dengan kaidah dan tata cara penulisan aksara Jawa. Dan karena setiap awal mengetik kalimat, word langsung otomatis mengubahnya menjadi huruf kapital padahal huruf kapital pada font hanacaraka berfungsi sebagai pasangan. Untuk itu sebelum menulis aksara Jawa, terlebih dahulu ketik "tanda tanya" (?) sekaligus sebagai awal kalimat dalam penulisan aksara jawa.

Sedangkan bagi guru yang kurang memahami kaidah penulisan aksara Jawa, lebih baik menggunakan software alih aksara latin ke aksara jawa yang dinamakan "Pallawa".

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad