Kalimat Tayyibah Subhanallah (Tasbih) | Akidah Akhlak Kelas 4 - MI Kalimulyo

Post Top Ad

Kalimat Tayyibah Subhanallah (Tasbih) | Akidah Akhlak Kelas 4

Share This
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 4 kali ini mempelajari tentang kalimat tayyibah. Ada beberapa kalimat tayyibah yang akan dipelajari di kelas 4 MI ini. Salah satunya adalah kalimat "Subhanallah" atau kalimat tasbih. Apa itu kalimat tasbih, kapan kita harus membaca kalimat tasbih, dan apa saja keutamaan membaca kalimat tasbih? Mari kita pelajari!
Kalimat Tayyibah Subhanallah

Kalimat Thayyibah secara bahasa adalah perkataan yang baik. Dalam Islam, kalimat thayyibah adalah setiap ucapan yang mengandung kebenaran dan kebajikan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Serta mengandung aneka perbuatan ma'ruf dan pencegahan dari perbuatan munkar.

A. Subhanallah ( سُبْحَانَ اللّٰهِ )


Kalimat “Subhanallah” diucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan atau indah, dengan catatan, itu murni atas kekuasaan Allah Swt dan tanpa campur tangan manusia. Contohnya, ketika kita melihat keindahan pemandangan alam, orang yang cantik atau tampan, mukjizat-mukjizat, karomah.

Pemahaman ini didasari oleh ayat pertama dari surat Al-Isra’ dalam al-Qur’an Allah Swt berfirman:

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبۡعُ وَٱلۡأَرۡضُ وَمَن فِيهِنَّۚ وَإِن مِّن شَيۡءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمۡدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفۡقَهُونَ تَسۡبِيحَهُمۡۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورٗا  

Artinya: "Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbis kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (Q.S. al Isra’: 44)

Ayat di atas menjelaskan bahwa semua makhluk Allah, baik yanga ada di langit maupun di bumi, bertasbih kepada Allah. Tasbih adalah sebuah pujian. Mereka memuji atas kebesaran dan kekuasaan yang hanya dimiliki Allah Swt. Semua makhluk ciptaan-Nya tunduk dan patuh melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Tunduk dan patuh kepada Allah dapat dilaksanakan degan membiasakan diri mengucapkan kalimat Subhanallah di berbagai kesempatan.

Kalimat Subhanallah disebut juga bacaan tasbih. Kalimat tasbih adalah ungkapan untuk memuji Allah Swt. Dengan bertasbih kita mengakui keagungan Allah Swt. Tidak ada yang berkuasa selain Allah Swt. Dengan bertasbih kita mengakui kelemahan dan keterbatasan kita sebagai manusia yang tidak memiliki daya dan kekuatan.

Bumi yang menghampar luas. Begitupun dengan semua makhluk di dalamnya. Hamparan persawahan dikelilingi gunung yang menjulang tinggi. Pepohonan menghijau tampak menjadi karpet yang menghampar. Kita seolah dibuat takjub dengan ciptaan-Nya, Subhanallah (Maha Suci Allah).

Kalimat Tayyibah Subhanallah

B. Waktu Membaca Kalimat Tasbih


Kalimat thayyibah subhanallah dibaca ketika:

  1. Melihat atau menyaksikan keindahan alam ciptaan Allah Swt.
  2. Merasakan kebesaran atas kekuasaan yang dimiliki Allah Swt
  3. Berzikir sesudah shalat fardhu (sebanyak 33)
  4. Mengagumi sesuatu yang baru dilihat dan aneh.
  5. Menyaksikan peristiwa besar tetapi bukan bentuk kekaguman
  6. Merasakan kenikmatan yang diberikan atas kebesaran Allah.
  7. Lupa menyampaikan amanat.
  8. Mengingatkan imam dalam shalat ketika lupa bacaan atau gerakan shalat bagi ma’mum laki-laki. Dengan mengucapkan kalimat : سُبْحَانَ اللّٰهِ

C. Hikmah Membaca Kalimat Tasbih


Hikmah atau manfaat mengucapkan kalimat thayyibah subhanallah antara lain:

  1. Mendapat pahala dan ridla dari Allah Swt
  2. Menjadikan kita semakin dekat kepada Allah
  3. Semakin dicintai Allah
  4. Mempertebal keimanan kita kepada Allah
  5. Menjauhkan diri kita dari perbuatan syirik yang dilarang oleh Allah.

Agar lebih paham dan jelas, silakan tonton penjelasan dari Pak Nur Huda melalui video berikut ini.


D. Tugas 


Setelah membaca materi di atas, silakan mengerjakan tugas dengan mengklik tombol di bawah



Tombol Kerjakan Tugas untuk membuka soal dan mengerjakan. Tombol Cek Hasil untuk mengecek sudah terkirim atau belum dan melihat skor atau nilai.

No comments:

Post a comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad