Kalimat Tayyibah Hauqalah | Akidah Akhlak Kelas 5 - MI Kalimulyo

Post Top Ad

Kalimat Tayyibah Hauqalah | Akidah Akhlak Kelas 5

Share This
Kali ini, untuk anak-anak siswa kelas 5, kita akan mempelajari Akidah Akhlak dengan materi Kalimat Tayyibah "Hauqalah". Apa itu Hauqalah? Apa keutamaan membaca kalimat Hauqalah? dan kapan saja kita harus mengucapkan kalimat Hauqalah? Baca dan simak penjelasan berikut.
Kalimat Tayyibah Hauqalah

A. Kalimat Hauqalah (laa haula wala quwwata illa billah hil ‘aliyyil adhim)


Kalimat Tayyibah adalah perkataan yang baik. Dalam Islam kalimat tayyibah merupakan perkataan atau ucapan yang mengandung kebenaran dan kebaikan. Salah satu kalimat tayyibah adalah hauqalah. lafal kalimat hauqalah adalah:

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّة َ اِلاَّ بِا اللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم ِ

Yang artinya:”Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah “

Kalimat hauqalah memiliki dua kata yang ditekankan yaitu haula dan quwwata. Kedua kata tersebut hampir memiliki kesamaan makna.

Kata haula memiliki arti daya atau kekuatan yang dikeluarkan terus menerus atau kekuatan yang menopang alam semesta. Sedangkan Quwwata adalah kekuatan yang menjadi hak khusus Allah Swt.

Makna yang terkandung dalam kalimat hauqalah adalah tidak ada daya dalam menjauhi maksiat kepada Allah Swt. Dan tidak ada kekuatan dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt .kecuali keduanya atas pertolongan dan kehendak Allah semata.

Allah Swt merupakan sumber kekuatan dari segala sesuatu yang ada didunia ini.Kalimat hauqalah digunakan untuk berserah diri dan menyatakan bahwa seseorang hamba tidak mempunyai daya atau upaya untuk menolak kehendak Allah Swt. pemilik segala kekuatan.

Kalimat Tayyibah Hauqalah

B. Keutamaan membaca kalimat Hauqalah (laa haula wala quwwata illa billah hil ‘aliyyil adhim)


Kita sebagai orang Islam hendaknya selalu memperbanyak membaca kalimat hauqalah,karean terdapat banyak keutamaan .Beberapa keutamaan yang terdapat dalam kalimat hauqalah antara lain:

1. Merupakan salah satu tabungan atau simpanan amal di surga

Seseorang yang yang membaca ,melaflakan ,atau mengucapkan kalimat tayyibah akan memiliki simpanan harta disurga .Hal ini sesuai denga sabda Rasulullah SAW

(قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَةَ اِلاَّ بِا للّٰهِ فَاِنَّهَا كَنْزُ مِنْ كُنُوْزٍ الْجَنَّةِ ( رواه مسلم 

Artinya :”Ucapkanlah Laa Haula Walla quwwata illa billah,sesungguhnya itu adalah salah satu kekayaan yang tersimpan di surga “ (HR Muslim)

2. Merupakan salah satu pintu surga 

Kalimat hauqalah merupakan salah satu pintu surga. Jika kita sering membacanya dan menghayati kalimat hauqalah ,maka itu adalah pintu surga.

Nabi Muhammad Saw berkata kepada Abu Musa radhiallahu ‘anhu,”Maukah engkau aku tunjukkan pintu surga?Aku berkata ‘tentu’Beliau bersabda ‘Laa haula wala quwwata illa billah” (H.R Tirmizi dan Ahmad)

3. Amalan yang dianjurkan untuk sering dibaca

Kalimat hauqalah adalah kalimat yang dianjurkan untuk sering dibaca, terutama bagi orang yang sedang sakit, karena dengan membaca kalimat hauqalah akan diberikan kemudahan dan kesembuhan oleh Allah Swt

4. Dapat menghapuskan dosa

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Tidak seorang di atas muka bumi ini yang berucap la illaha illah,Allahu Akbar, Subhanallahah, amdulillah dan la haula wala quwwata illa billah melainkan dosa-dosanya akan diampuni meskipun melebihi banyaknya buih di lautan (H R Ahmad Tabrani)

5. Memberikan kekuatan dalam diri seeorang

Oarang yang membaca kalimat hauqalah akan menumbuhkan harapan datangnya pertolongan Allah Swt, jika kita menghadapi suatau masalah atau sesuatu yang sulit dengan mengucapkan kalimat hauqalah, akan datang pertolongan dari Allah Swt.sehingga kita mampu menyelesaikannya.

C. Waktu-waktu yang tepat mengucapkan kalimat Hauqalah 


1. Ketika menghadapi kesulitan atau kesusahan

Jika kita sedang mengalami kesulitan atau kesusahan,seperti melakukan pekerjaan berat,ujian sekolah, biaya kebutuhan pendidikan dan lain sebagainya. Kita dianjurkan mengucapkan kalimat La haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil azhim. Dengan membaca kalimat hauqalah pasti Allah Swt akan memberikan kemudahan kepada kita.

2. Ketika sedang jatuh sakit atau terbaring tidak berdaya

Ketika sedang sakit kita dianjurkan untuk sering membaca kalimat hauqalah,karena dengan membaca kalimat hauqalah kita akan selalu ingat kepada Allah Swt bahwa yang memberi sakit dan kesembuhan hanya Allah Swt.

3. Ketika menghadapi cobaan atau ujian

Ketika kita sedang menghadapi musibah atau ujian dengan mengucapkan kalimat hauqalah kita sadar dan ingat bahwa Allah Swt yang Maha penolong bagi hamba-hambaNya.Tidak ada kekuatan yang mampu menandingi kekuatan Allah Swt.

4. Ketika akan belajar

5. Ketika akan berpergian keluar rumah

Ketika kita akan keluar rumah atau bepergian hendaknya membaca doa:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَلْتُ عَلى اللهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَةَ ٳِلاَّ بِا للهِ 

Artinya:”Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah ,tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah “

6. Ketika selesai mengerjakan sesuatu 

D. Tugas 


Setelah membaca materi di atas, silakan mengerjakan tugas dengan mengklik tombol di bawah


Tombol Kerjakan Tugas untuk membuka soal dan mengerjakan. Tombol Cek Hasil untuk mengecek sudah terkirim atau belum dan melihat skor atau nilai.

No comments:

Post a comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad