Soal Ulangan Harian Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2

Soal Ulangan Harian Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2. Mata pelajaran akidah akhlak memang bukan salah satu pelajaran yang menakutkan bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah. Jika dibandingkan pelajaran Matematika atau Bahasa Indonesia, talamidz menganggap Akidah Akhlak lebih mudah. Meskipun demikian bukan berarti harus disepelekan sehingga lengah untuk mempersiapkan diri termasuk belajar soal-soal ulangan harian mata pelajaran ini.

Karena itu Blog MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo ini memposting kumpulan soal ulangan harian mata pelajaran Akidah Akhlak untuk kelas VI semester genab (dua).

Mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 6 semester 2 terdiri atas dua Standar Kompetensi dan empat Kompetensi Dasar. Kedua standar kompetensi tersebut adalah:
  • Mengenal kalimat Thayyibah (taubat), dan al-asma’al husna (al-Ghafuur, al-  Afuwwu, ash-Shabuur dan al-Haliim)
  • Membiasakan Akhlak Terpuji
Sedangkan keempat Kompetensi Dasar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 6 semester 2 adalah:

  • Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (taubat)
  • Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash-Shabuur dan al-Haliim)
  • Membiasakan sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari hari melalui kisah nabi  Ayyub as dan kisah nabi Adam as
  • Membiasakan berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari
siswa kelas 6 MI Kalimulyo
Seorang siswa kelas 6 MI Kalimulyo sedang belajar Akidah Akhlak

Download Soal Ulangan Harian Akidah Akhlak

Berdasarkan jumlah Kompetensi Dasar tersebut maka soal ulangan harian pelajaran Aqidah Akhlak kelas 6 semester 2 pun kami buat dalam empat paket. Keempat paket soal tersebut didasarkan pada masing-masing Kompetensi Dasar.

Sedangkan untuk bentuk soal, untuk masing-masing soal ulangan harian pelajaran Aqidah Akhlak kelas 6 semester 2 terdiri atas soal pilihan ganda (terdiri atas 15 nomor soal), soal isian singkat (10 nomor) dan soal uraian (5 nomor).

Format filenya kami sediakan dalam dua format yaitu PDF dan Microsoft Word. Karena umumnya jika disimpan dalam word, beberapa format tulisan (terutama huruf arab) akan berubah bahkan rusak. berbeda dengan format PDF yang format hurufnya relatif tidak berubah. Namun jika ingin melakukan editing soal, tentu akan lebih mudah melakukannya di dokumen berformat word.

Berikut soal-soal ulangan harian mata pelajaran Akidah Akhlak untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 6 semester 2, untuk masing-masing Kompetensi Dasar:
Akhirnya semoga soal -soal ulangan harian Akidah Akhlak MI Kelas 6 Semester 2 ini bisa bermanfaat bagi talamidz, atsatidz, maupun orang tua siswa. Tentunya untuk meningkatkan keimanan, ketauhidan, dan akhlak putra-putri kita. Amiin.

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Previous Post Next Post