Indonesia Tambah Tiga Pahlawan Nasional - MI Kalimulyo

Post Top Ad

Indonesia Tambah Tiga Pahlawan Nasional

Share This
Pemerintah Indonesia menambahkan tiga tokoh menjadi Pahlawan Nasional. Ketiga tokoh ini melengkapi daftar Pahlawan Nasional Indonesia yang semua sejumlah 156 menjadi 159 orang. Pada Oktober 2013 ini, pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan menetapkan memberikan gelar pahlawan nasional kepada tiga tokoh. Ketiga tokoh tersebut adalah Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat dari Yogyakarta, Lambertus Nicodemus Palar dari Sulawesi Utara dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang dari Sumatera Utara.

Tokoh pertama yang tahun 2013 ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional adalah Radjiman Wedyodiningrat. Tokoh yang lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879 ini merupakan salah satu tokoh yang akrab di telinga para siswa, termasuk siswa-siswi MI Tarbiyatusy Syubban. Beliau menjadi salah satu  tokoh penting dalam sejarah berdirinya Negara Republik Indonesia. Salah satu pera aktifnya adalah menjadi Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Radjiman Wedyodiningrat
Radjiman Wedyodiningrat (gambar: kompas.com)

Sementara Lambertus Nicodemus Palar yang dilahirkan di Rurukan Tomohon Sulawesi Utara pada 5 Juni 1900 pun bukan tokoh sembarangan. Beliau menjabat sebagai wakil Republik Indonesia dalam beberapa posisi diplomatik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tokoh ketiga yang dianugerahi gelar pahlawan nasional di tahun 2013 ini adalah TB Simatupang. Tokoh kelahiran Sidikalang Sumatera Utara pada 28 Januari 1920 ini merupakan salah satu tokoh militer Indonesia. Ketokohannya menjadikan namanya diabadikan sebagai salah satu nama jalan besar di kawasan Cilandak Jakarta Selatan.


Sedangkan daftar 156 pahlawan nasional lainnya yang telah terlebih dahulu ditetapkan sebagai pahlwan nasional, dapat disimak di artikel: Daftar Pahlawan Nasional Indonesia.

No comments:

Post a comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad