Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook


Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook bagi sebagain orang memang bukan pengetahuan yang asing. Namun ternyata tidak sedikit orang yang masih bingung dan tidak tahu perbedaan antara laptop, notebook, dan netbook. Kali ini akan coba dibahas perbedaan antar ketiganya.

Istilah laptop, notebook, maupun netbook sering kali saling tumpang tindih dalam penggunaannya. Ini lantaran masih ada saja beberapa orang yang bingung dengan perbedaan antara laptop, notebook, maupun netbook.

Ustadz Agung Barto Ruci tengah sibuk dengan Netbooknya


Laptop. Laptop adalah sebutan umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop dapat diartikan sebagai netbook maupun notebook. Atau bisa juga dikatakan Laptop terdiri atas dua jenis yaitu Notebook dan Netbook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan (lap).

Kepala MI Kalimulyo, Ustadz Shohibi, S.Pd.I dengan Netbooknya


Perbedaan Notebook dan Netbook.

  1. Dari segi ukuran, Netbook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Notebook. Biasanya berukuran antara 7-12 inci. Nah, sedangkan Notebook sendiri ukurannya lebih besar, biasanya mulai dari 12 inci ke atas.
  2. Dari segi performa, Netbook biasanya didesain untuk melakukan kinerja ringan seperti mengolah data Word, spreadsheet (Excel), slide (Powerpoint), internetan, memainkan permainan ringan, dan sebagainya. Sedangkan Notebook, menawarkan performa yang lebih berat, misalnya kecepatan pengolahan data yang lebih cepat dan kemampuan multimedia yang handal.
  3. Dari segi harga, Harga Netbook biasanya relatif lebih murah, sekitar 2 jutaan. Sedang Notebook harganya paling tidak ada di kisaran 4 jutaan dengan spesifikasi diatas standar.
  4. dari segi penggunaan, Notebook lebih cocok digunakan oleh orang yang bekerja “maksimal”, misalnya untuk proses editing, atau desain kreatif lainnya. Sementara Netbook lebih cocok untuk pengguna yang kegiatannya lebih banyak mengolah data ringan sampai sedang, menjelajah internet, dan menonton video.
Nah, sekarang sudah jelas, kan perbedaan antara Laptop, Notebook, dan Netbook.

12 Comments

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

  1. menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

    ReplyDelete
  2. penjelasannya sebenernya dikit, tappi membuka mata, jadi tau, emang dari dulu gue termasuk salah satu yang salah kaprah :D

    ReplyDelete
  3. Thank's Gan . . Sngat brmanfaat bg sy . .

    ReplyDelete
  4. baru mudeng gan.. matursuwun infonya

    ReplyDelete
  5. thx gan infonya

    ReplyDelete
  6. Gan, bagaimana dengan spesifikasi Procom Samurai? Apakah masuk ke dalam spesifikasi netbook atau notebook?

    ReplyDelete
  7. mantap,,thanks..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Previous Post Next Post