Cara Entri Jadwal Mata Pelajaran di Siap Padamu untuk Verval NUPTK - MI Kalimulyo

Post Top Ad

Cara Entri Jadwal Mata Pelajaran di Siap Padamu untuk Verval NUPTK

Share This
Cara Entri Jadwal Mata Pelajaran di Siap Padamu untuk Verval NUPTK adalah salah satu fitu baru di Siap Padamu Negeri. Tahu-tahun kemarin, fitur ini tidak ada. Admin Sekolah atau Madrasah tidak usah melakukan entri jadwal mata pelajaran. Cukup masing-masing PTK melakukan entri atau edit riwayat mengajar di akun PTK masing-masing.

Namun mulai pada verval semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 ada perubahan. PTK tidak bisa melakukan entri riwayat mengajar di akunnya masing-masing. Jika pun menunya diklik akan muncul pemberitahuan untuk menghubungi admin sekolah. Yup, Karena sekarang diharuskan untuk mengisi (entri) jadwal mata pelajaran oleh admin sekolah. Istilah resminya adalah Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Guru tidak usah melakukan edit riwayat mengajar atau memasukkan pelajaran dan jam secara manual satu-satu di akun setiap PTK. Cukup admin sekolah melakukan entri Jadwal Mata Pelajaran di akun sekolah. Jika sudah, riwayat mengajar setiap guru di sekolah tersebut akan otomatis terisi.

Entri Jadwal Mapel di Padamu
Hasil Entri Jadwal Mapel

Entri Jadwal Mapel di Padamu
Riwayat Mengajar Guru yang otomatis terisi


Sayangnya, ternyata untuk melakukan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan atau Entri Jadwal Mata Pelajaran cukup ribet dan memusingkan beberapa rekan PTK termasuk para operator madrasah. Dalam melakukan entri tersebut kita harus melalui beberapa tahapan, yang meliputi:

  1. Menentukan Kurikulum dan sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional
  2. Pengaturan data Siswa (kelola siswa / tambah siswa)
  3. Set Kelas / Rombel
  4. Pengaturan Model Jadwal 
  5. Memasukan Model Jadwal ke dalam Kelas 
Sehingga sebelum mengentri Jadwal Mata Pelajaran atau Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan, operator sekolah atau madrasah harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti:
  1. Menyiapkan Jadwal Mapel untuk setiap kelas
  2. Jenis kurikulum yang digunakan
  3. Pengaturan / Data Kelas
  4. Isian Data Sarana Prasarana, utamanya Daftar Ruangan (Kelas)
Untuk melihat dan mempelajari proses dan langkah-langkah cara entri jadwal mengajar atau Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan di sistem Siap Padamu, silakan simak video tutorial berikut ini :



Itulah, Bapak/Ibu guru maupun operator madrasah/sekolah, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah langkah-langkah mengisi Jadwal Mengajar atau Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan di sistem Padamu NUPTK. Jika masih bingung, sila baca pedoman resminya di : bantuan.siap-online.com/2015/01/pengaturan-jadwal-kelas-mingguan.html

3 comments:

  1. Wih, manteb gan aplikasinya,, makin canggih aja ni.. eh ya, salken dr blogger pati
    =============================
    ada PROMO menarik nih di mahkotakubah.net
    Kubah masjid Enamel / Ornamen harga murah, Pesan Langsung Kita Antarkan, Ready Stock kami juga membuka keagenan bagi yang mencari usaha sampingan keuntunganya lumyan looh..
    smakin gede ukuran pesanan, smakin gede komisinya..
    Reply

    ReplyDelete
  2. kalau boleh tahu, itu pakai aplikasi apa ya?

    ReplyDelete
  3. Ijin baca, ngopi, download.
    Sangat membantu.
    Makasih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Post Bottom Ad