SK Pakaian Seragam Pramuka Baru 2013

Gerakan Pramuka melakukan perubahan pakaian seragam pramuka. Adalah SK Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka yang menggantikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007.

Dalam Petunjuk Penyelenggaraan tersebut terdapat beberapa hal krusial terkait dengan perubahan pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka. Perubahan ini disesuaikan dengan perkembangan Gerakan Pramuka saat ini serta minat anak-anak dan kaum muda Indonesia. Meskipun keputusan ini ditandatangani dan disyahkan pada Desember 2012, namun publikasinya baru dilakukan pada bulan April 2013.

Perbedaan Pakaian Seragam 2013 dengan Tahun Sebelumnya


Apa saja yang berbeda dengan seragam pramuka tahun 2013 dengan tahun sebelumnya? Inilah beberapa perbedaan krusial dan mencolok pada pakaian seragam pramuka di tahun 2013:
  1. Modifikasi pada pakaian seragam pramuka tingkat Siaga baik putra maupun putri, terutama dengan penambahan lis berwarna coklat tua pada bagian lengan dan saku.
  2. Penggunaan hasduk (setangan leher) pada anggota putri (semua tingkatan) sebagaimana yang dikenakan oleh anggota putra. Sebelumnya anggota putri mengenakan 'pita leher'.
  3. Tutup kepala anggota putri untuk tingkat Penggalang, Penegak, dan Pandega dengan tutup kepala berbahan laken/beludru. Sebelumnya mereka menggunakan tutup kepala dari anyaman.
  4. Model baju anggota pramuka putri tingkat Penggalang sama dengan baju untuk anggota putra. Sebelumnya antara putra dan putri mengenakan model pakaian yang berbeda.
  5. Penambahan saku timbul di kanan kiri celana. Sebelumnya anggota putra mengenakan celana dengan  empat saku berupa dua saku dalam (di samping kanan kiri) dan dua saki tempel (di belakang).
Seragam Harian Pramuka Siaga Putri

Seragam Muslim Pramuka Siaga Putri

Seragam Muslim Pramuka Penggalang Putri


Selain itu juga beberapa modikfikasi lainnya.

Download Jukran Pakaian Seragam Pramuka


Untuk lebih jelasnya mengenai pakaian seragam pramuka yang baru, silakan download SK Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka pada link di bawah ini.


Pada petunjuk penyelenggraan tersebut selain berisikan diskripsi lengkap tentang seragam pramuka pada masing-masing tingkatan (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan anggota Dewasa), diskripsi masing-masing jenis seragam (Seragam Harian, Seragam Kegiatan, Seragam Upacara, dan Seragam Khusus yang meliputi Seragam Muslim dan Seragam Tambahan) juga dilengkapi dengan gambar.

1 Comments

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

  1. Maaf .. numpang promosi ..

    Kami, rekanan dari Kwarnas untuk seragam pramuka sesuai dengan JukRan Seragam Pramuka tahun 2012 menawarkan seragam :

    Info lebih jelas bisa hubungi kami di 085694345595

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Previous Post Next Post