Selamat Datang!

Tips Cara Belajar yang Efektik

Tips cara belajar yang efektif seharusnya dipahami oleh siswa (termasuk siswa Madrasah Ibtidayah), guru, maupun orang tua siswa. Cara dan metode belajar yang kurang tepat bisa jadi membuat waktu dan tenaga menjadi sia-sia dan tidak efektif. Jika sudah mencoba belajar dengan tekun akan tetapi hasilnya masih saja tidak maksimal itu berarti tidak efektif.

Terlebih bagi siswa sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Dalam usia yang masih tergolong anak-anak, seharusnya aktifitas belajar yang dilakukan musti seefektif mungkin. Sehingga anak akan termotivasi untuk semakin giat belajar. Sebaliknya, jika anak merasa kegiatan belajar yang dilakukan tidak berdampak pada peningkatan prestasi bisa jadi membuat mereka malas belajar.

cara belajar efektif

Bagaimana tips dan cara belajar yang efektif? Akan kita bedah sedikit demi sedikit.

  1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman
    Suasana yang nyaman dan tenang akan meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan otak dapat menyerap materi yang dipelajari. Suasana nyaman salah satunya didukung dari lingkungan atau tempat belajar. Suasana yang tenang, teduh, sejuk bisa dicoba. Pun bagi sebagian anak, belajar dengan iringan musik yang disukai dapat memberikan kenyamanan belajar dan meningkatkan konsentrasi.
  2. Membuat rangkuman materi pelajaran
    Saat membuat rangkuman materi pelajaran akan terjadi dua kali proses belajar dalam saat yang bersamaan. Pertama adalah proses membaca atau menyimak dan kedua adalah proses berfikir dan menulis. Dengan dua hal tersebut belajar akan jauh lebih efektif bagi anak. Pun, rangkuman materi pelajaran ini dapat dibuka kembali sewaktu-waktu untuk menyegarkan ingatan akan materi pelajaran yang pernah dipelajarinya.
  3. Tidak lama tapi rutin
    Belajar secara singkat (tidak lama) tetapi dilakukan secara rutin jauh lebih efektif dibanding belajar yang tidak rutin meski waktunya lama. Apalagi jika hanya sekali belajar dengan waktu yang sangat lama. Alih-alih efektif, justru akan membuat bingung dan terganggunya stamina.
  4. Belajar sambil praktik
    Belajar sambil praktik memang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Namun dalam hal efektifitas, hal ini tidak perlu diragukan. Pemahaman yang didapatkan melalui pengamatan langsung ataupun praktik akan lebih sulit terlupakan.
  5. Belajar bersama
    Belajar bersama atau belajar kelompok mempunyai banyak manfaat. Selain mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan rileks, dengan berkumpul bersama teman-teman akan memperbesar akses untuk bertanya jika suatu ketika mengalami kesulitan dalam belajar. Dengan itu, belajar berkelompok jauh lebih efektif ketimbang belajar sendiri.
Tampaknya lima hal itu saja sebagai sumbangan tips dan cara belajar yang efektif. Tips dan cara ini tidak hanya berlaku bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (dan Sekolah Dasar) namun juga bagi semua pelajar dari berbagai tingkatan baik SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Namun tentunya kelima cara dan tips di atas bukan suatu yang mutlak. Masih banyak tips dan cara lain yang bisa dicoba agar belajar menjadi efektif.
Share this post :

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

BANNER BOARD

Time Scedule Ujian Kelas 6 Tahun 2018


  • UTS: 12 - 19 Maret 2018
  • Tryout USBN Kab : 26 - 28 Maret 2018
  • UAS VI : 2 - 7 April 2018
  • Ujian Praktek : 9 - 14 April 2018
  • UMBD PAI : 16 - 18 April 2018
  • UMBD Umum : 19 - 20 April 2018
  • USBN : 3 - 5 Mei 2018

Papan Pengumuman

Regu MI Kalimulyo Juara Kemah Hari Pramuka

Regu Rajawali dari MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo meraih Regu Tergiat I Putra dalam gelaran Kemah Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 Kwartir ...

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. MI Kalimulyo - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger