Selamat Datang!

9 Masjid Tertua di Indonesia

Di Indonesia dijumpai masjid-masjid tertua yang masih bisa dijumpai hingga kini. Beberapa masjid tertua di Indonesia tersebut telah berusia berabad-abad dan dibangun sejak abad ke-13 Masehi. Wajar, karena dari beberapa teori masuknya Islam ke Nusantara ada yang menyebutkan jika Islam dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang muslim dari India, Persia, dan Arab sejak abad ke-13 M, bahkan ada yang menyebutkan sejak abad ke-7 M.

Dari sejarah masuknya agama Islam ke Nusantara tersebut, tidak mengherankan jika kemudian di Indonesia terdapat masjid-masjid tua yang telah berdiri selama beberapa abad lamanya.

Diantara masjid-masjid tertua di Indonesia, berikut ini 9 masjid paling tua di Indonesia.

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas (1288)

Masjid Saka Tunggal Cikakak


Masjid Saka Tunggal Cikakak


Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak, kecamatan Wangon, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid yang didirikan pada tahun 1288 ini tercatat sebagai masjid paling tua di Indonesia. Masjid ini berdiri satu masa dengan kerajaan Singasari.

Nama resmi masjid ini adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam. Namun lebih populer sebagai Masjid Saka Tunggal. Nama ini dikarenakan masjid tertua ini hanya memiliki satu tiang penyangga.

Masjid Saka Tunggal didirikan oleh Kyai Mustolib, seorang tokoh penyiar agama Islam di daerah Cikakak.

2. Masjid Wapauwe Maluku Tengah (1414)

Masjid Wapauwe Maluku Tengah

Masjid Wapauwe Maluku Tengah


Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua kedua di Indonesia, sekaligus masjid tertua di Maluku. Masjid yang terletak di desa Kaitetu, kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah, Maluku telah berdiri sejak tahun 1414 M.

Bentuk inti masjid ini belum mengalami perubahan sejak pertama kali dibangun. bangunan induk berukuran 10 x 10 meter. Dindingnya menggunakan gaba-gaba (pelepah sagu yang kering) sedangkan atapnya pun tetap menggunkaan daun rumbia.

3. Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya (1421)

Masjid tertua ketiga di Indonesia sekaligus masjid tertua di Jawa Timur adalah Masjid Agung Sunan Ampel atau disebit juga Masjid Ampel. Masjid yang terletak di kelurahan Ampel, Surabaya, Jawa Timur dibangun oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 M.

Masjid Agung Sunan Ampel

Masjid Agung Sunan Ampel


Masjid dengan ukuran 120 x 180 meter persegi ini memiliki campuran antara arsitektur Jawa kuno dan Arab Islami. Sunan Ampel pun dimakamkan di komplek masjid ini.

4. Masjid Agung Demak (1474)

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak


Masjid tertua selanjutnya di Indonesia adalah Masjid Agung Demak. Masjid yang terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini didirikan oleh Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak pada tahun 1474 M.

Di komplek masjid ini terdapat makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya.

5. Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin (1526)

Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin


Masjid tertua kelima di Indonesia adalah Masjid Sultan Suriansyah atau disebut juga Masjid Kuin. Masjid ini sekaligus menjadi masjid tertua di pulau Kalimantan. Masjid kuno ini dibangun oleh Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Masjid ini terletak di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dinai juga sebagai Masjid Kuin karena terletak di tepi Sungai Kuin.

Masjid Sultan Suriansyah memiliki berarsitektur khas tradisional Banjar. Kontruksinya panggung dan beratap tumpang. Bagian mihrab masjid ini memiliki atap sendiri yang terpisah dengan bangunan induk.

6. Masjid Menara Kudus (1549)

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus


Masjid tertua selanjutnya adalah Masjid Menara Kudus atau disebut juga sebagai Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar. Masjid yang terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah.ini dibangun oleh Sunan Kudus (Syekh Jafar Sodiq) pada tahun 1549 Masehi. Batu pertama dalam proses pembangunannya menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina.

Masjid Menara Kudus merupakan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Ini bisa dilihat dari keberadaan menara yang serupa bangunan candi. Menara ini yang kemudian menjadi ciri khas masjid ini. Ornamen bangunan hindu ini selain pada bentuk menara juga pada pintu-pintu gerbang baik di luar masjid maupun di dalam masjid.

Di belakang masjid ini terdapat komplek makam Sunan Kudus.

7. Masjid Agung Banten (1552)

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten


Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di nusantara. Didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari Kesultanan Banten, pada tahun 1552. Terletak di kelurahan Banten, kecamatan Kasemen, kab. Serang, Banten.

Keunikan masjid tertua di Banten ini adalah menaranya yang mirip mercusuar. Menara dengan tinggi 24 meter dan diameter bagian alas 10 meter ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel, bersama dengan pavilium tambahan yang berdiri di samping bangunan utama masjid. Arsitektur atap bangunan utama bertumpuk lima, mirip pagoda China, yang dirancang arsitek Cina yang bernama Tjek Ban Tjut.

8. Masjid Mantingan Jepara (1559)

Masjid Mantingan Jepara

Masjid Mantingan Jepara


Masjid Mantingan atau Masjid Sultan Hadlirin adalah masjid kuno dan bersejarah yang dibangun pada tahun 1559. Masjid ini terletak di di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Sebutan Masjid Sultan Hadlirin merujuk pada Sultan Hadlirin, Adipati Jepara, yang sekaligus merupakan suami dari Ratu Kalinyamat (Retno Kencono) putri Sultan Trenggono (sultan Kerajaan Demak).

Di dalam komplek masjid Mantingan terdapat komplek makam Sultan Hadlirin, Ratu Kalinyamat, dan lainnya.

9. Masjid Al-Hilal Katanga Gowa (1603)

Masjid Al-Hilal Katanga Gowa

Masjid Al-Hilal Katanga Gowa


Masjid Katangan atau Masjid Al Hilal adalah masih tertua di Sulawesi. Masjid yang terletak di kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini dibangun pada tahun 1603 oleh Sultan Alauddin I, Raja Gowa pertama yang memeluk islam.

Masjid ini berukuran 14,1 x 14,4 meter dengan bangunan tambahan berukuran 4,1 x 14,4 meter.

Itulah ke-9 masjid-masjid tertua di Indonesia. Yang meskipun telah berusia ratusan tahun namun tetap berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat beribadah.


Share this post :

3 comments:

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

BANNER BOARD

Time Scedule Ujian Kelas 6 Tahun 2018


  • UTS: 12 - 19 Maret 2018
  • Tryout USBN Kab : 26 - 28 Maret 2018
  • UAS VI : 2 - 7 April 2018
  • Ujian Praktek : 9 - 14 April 2018
  • UMBD PAI : 16 - 18 April 2018
  • UMBD Umum : 19 - 20 April 2018
  • USBN : 3 - 5 Mei 2018

Papan Pengumuman

Regu MI Kalimulyo Juara Kemah Hari Pramuka

Regu Rajawali dari MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo meraih Regu Tergiat I Putra dalam gelaran Kemah Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 Kwartir ...

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. MI Kalimulyo - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger