Soal Ulangan Harian IPS Kelas 5 Semester Genab

Soal Ulangan Harian atau Uji Kompetensi IPS kelas 5 semester genab. Menginjak semester genab yang telah berlangsung satu bulanan ini, tidak terkecuali di kelas 5 tentunya membutuhkan beberapa kali ulangan harian atau uji kompetensi. Tidak terkecuali untuk mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 5 semester 2 SD / MI ini terdiri atas 4 pembahasan atau pembelajaran sehingga ulangan harian yang dilakukan pun sebanyak empat kali.

Sebagaimana sebelumnya di mana blog ini membagikan soal ulangan harian IPA kelas 5 semester 2 kali ini giliran soal ulangan harian IPS kelas 5 semester genab Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah yang akan dibagikan.

Dan sebagaimana disampaikan di awal artikel, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 5 semester genab ini terdiri atas empat pokok bahasan atau materi pembelajaran. Keempat materi tersebut meliputi:
  1. Pembelajaran I : Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang, yang berisikan:
    • Standar kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
    • Kompetensi dasar : 2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang
  2. Pembelajaran II : Persiapan Kemerdekaan Indonesia, yang berisikan :
    • Standar kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
    • Kompetensi dasar : 2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
  3. Pembelajaran III : Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, yang berisikan :
    • Standar kompetensi :  2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
    • Kompetensi dasar : 2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
  4. Pembelajaran IV : Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, yang berisikan :
    • Standar kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
    • Kompetensi dasar : 2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
soal ips kelas 5 sd mi

Soal Ulangan Harian IPS Kelas 5 Semester Genab

Berdasarkan pembagian materi pembelajaran di kelas 5 semester genab tersebut yang sebanyak empat pembelajaran maka soal ulangan harian atau uji kompetensi mata pelajaran IPS di kelas 5 semester genab pun disusun sebanyak empat kali.

Paket soal tersebut disusun dan disimpan dalam dua format yaitu microsoft word dan PDF. Setiap paket soal terdiri atas soal pilihan ganda (15 soal), soal jawaban singkat (10 soal), dan soal uraian (5 soal). Pun telah dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga para rekan guru, anak-anak siswa kelas 5 maupun orang tua siswa yang hendak mengunduh contoh soal tersebut dapat memilih format dokumen yang disukai. Untuk mengunduhnya sila pilih dan klik tautan berikut:
Terakhir, harapannya contoh soal ulangan harian IPS kelas 5 semester genab ini dapat memberikan manfaat baik pada guru kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar, Siswa-siswi maupun orang tua siswa kelas 5 SD/MI. Tentunya untuk lebih memahami dan mendalami materi-materi Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 5 semester kedua.

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Previous Post Next Post