Selamat Datang!

Peringatan Hari Ibu di Indonesia dan Negara Lain

Peringatan Hari Ibu selain dirayakan di Indonesia ternyata juga dirayakan diberbagai negara lain di dunia. Jika di Indonesia, perayaan hari ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember, maka diberbagai negara lain peringatan hari ibu dirayakan dalam beberapa tanggal lainnya yang berbeda.

Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Penetapan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu didasarkan pada penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung Dalem Jayadipuran (sekarang menjadi kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional dan beralamatkan di Jl. Brigjen Katamso). Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Karenanya, sejak pada Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai hari ibu. Hal ini kemudian dikuatkan dengan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

ustadzah-shofiatun-bersama-putranya Ustadzah Siti Shofiatun, s.Pd.I bersama putranya

Peringatan Hari Ibu di Negara Lain

Di sebagian negara Eropa dan Timur Tengah peringatan peringatan Hari Ibu (Mother’s Day) jatuh pada bulan Maret yang pengaruh dari kebiasaan memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronos, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani kuno.

Di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, dan Singapura, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei karena pada tanggal itu pada tahun 1870 aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara.

Berikut daftar pelaksanaan Hari Ibu di berbagai negara di dunia.

Waktu Pelaksanaan Negara yang memperingati hari ibu
Pekan kedua bulan Februari Norwegia
3 Maret Georgia
8 Maret Afganistan; Albania; Armenia; Azerbaijan; Belarusia; Bosnia Herzegovina; Bulgaria; Khazakhstan; Laos; Makedonia; Moldova; Montenegro; Romania, Rusia; Serbia; Ukraina
21 Maret Bahrain; Mesir; Yordania; Kuwait; Libya; Lebanon; Oman; Palestina; Arab Saudi; Sudan; Somalia; Suriah; Uni Emirat Arab; Yaman
25 Maret Slovenia
24 April Nepal
Pekan Pertama bulan Mei Hungaria; Lithuania; Mozambik; Portugal; Spanyol; Makau
10 Mei El Salvador; Guatemala; Meksiko
Pekan kedua bulan Mei Amerika Serikat; Anguila; Aruba; Australia; Austria; Bahama; Bangladesh; Barbados; Belgia; Belize; Bermuda; Bonaire; Brazil; Brunei Darussalam; Bulgaria; Kanada; Chili; Republik Rakyat China; Taiwan; Kolombia; Kroasia; Kuba; Curacao; Siprus; Republik Czech; Denmark; Dominika; Ekuador; Estonia; Ethiopia; Fiji; Finlandia; Jerman; Ghana; Yunani; Grenada; Honduras; Islandia; Italia; Jamaika; Jepang; Lativia; Malaysia; Malta; Myanmar; Belanda; Selandia Baru; Pakistan; Papua Nugini; Peru; Filipina; Puerto Rico; Samoa; Singapura; Slovakia; Afrika Selatan, Sri Langka; Suriname; Switzerland; Tonga; Trinidad dan Tobago; Turki; Uganda; Ukraina; Uruguay; Venezuela; Zambia; Zimbabwe
15 Mei Paraguay
26 Mei Polandia
27 Mei Bolivia
Pekan keempat bulan Mei Aljazair; Republik Dominika; Perancis; Haiti; Mauritikus; Maroko; Swedia; Tunisia
30 Mei Nikaragua
Pekan kedua bulan Juni Luksemburg
Minggu terakhir bulan Juni Kenya
12 Agustus Thailand
15 Agustus Kosta Rika
19 Agustus India
14 Oktober Belarusia
Pekan ketika bulan Oktober Argentina
8 Desember Panama
22 Desember Indonesia

ustadzah-naimah-bersama-putranya Ustadzah Naimah bersama putranya

Di MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo kec. Jakenan, peringatan Hari Ibu tahun 2011 ini memang tidak dirayakan. Hal ini terkait dengan liburan akhir semester gasal yang telah dimulai sejak 19 Desember silam. Namun bukan berarti kita semua melupakan peran besar seorang ibu. Apalagi dari sebelas guru di MI Tarbiyatusy Syubban, 7 di antaranya merupakan ustadzah (guru perempuan) yang enam di antaranya merupakan seorang ibu.

Untuk ustdzah Mahmudah, Marfuah, S.Pd.I; Munafi’ah, S.Pd.I, Siti Aisyah, Siti Shofi’atun, S.Pd.I, dan Naimah (serta ibu-ibu lainnya di Indonesia), selamat hari Ibu. “kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali, bagai Sang Surya menyinari dunia…”

Kapan ya bisa mengucapkan selamat hari ibu untuk ustadzah Siti Sholihah, S.Pd.I?

Share this post :

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

BANNER BOARD

Time Scedule Ujian Kelas 6 Tahun 2018


  • UTS: 12 - 19 Maret 2018
  • Tryout USBN Kab : 26 - 28 Maret 2018
  • UAS VI : 2 - 7 April 2018
  • Ujian Praktek : 9 - 14 April 2018
  • UMBD PAI : 16 - 18 April 2018
  • UMBD Umum : 19 - 20 April 2018
  • USBN : 3 - 5 Mei 2018

Papan Pengumuman

Regu MI Kalimulyo Juara Kemah Hari Pramuka

Regu Rajawali dari MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo meraih Regu Tergiat I Putra dalam gelaran Kemah Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 Kwartir ...

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. MI Kalimulyo - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger